Ritual Mungkar di Hari Kelahiran

Bismillah, Ritual Mungkar di Hari Kelahiran. Tidak hanya Ritual mungkar tetapi ada juga kemungkaran yang terjadi di hari kelahiran. Di antara kemungkaran di hari melahirkan adalah perawat/bidan lelaki menangani proses kelahiran padahal ada bidan perempuan.

Demikian pula keyakinan sebagian orang bahwa apabila bayi laki-laki terlahir saat bulan purnama, kuncup kemaluannya akan melebar hingga seperti sudah terkhitan. (Ahkamul Maulud fis Sunnah al-Muthahharah hlm. 139)

Ritual Setelah Kelahiran

Seperti yang sudah disebutkan bahwa setiap daerah atau suku memiliki budaya dan ritual yang berbeda-beda yang tidak mungkin sebagian besarnya ditampilkan di sini.

Di antara Tradisi yang mungkar adalah :

  • Upacara mendhem (mengubur) ari-ari atau plasenta.
    • Dalam praktiknya, upacara adat ini terkadang berbeda-beda caranya. Ada yang dengan cara plasenta dicuci lalu dimasukkan ke dalam periuk/kendi yang terbuat dari tanah. Ada beberapa barang yang ikut dimasukkan ke dalam kendi sebagai persyaratan, semisal minyak wangi, jarum, beras merah, kunyit, garam, pensil, buku, bawang merah, dan lainlain. Setelah itu, plasenta dikuburkan di samping rumah dan diberi lampu.
    • Ada yang melabuh plasenta di sungai atau melarungnya (dihanyutkan) di laut. Mereka berharap supaya bayinya pintar, banyak rezeki, jalannya terang, apabila bepergian tahan lama, suka merantau, dan semisalnya. Sebagian orang meyakini bahwa plasenta adalah saudara kembar bayi yang harus dirawat.

Ritual-ritual di atas tentu bukan dari Islam. Seandainya pun ari-ari harus di kubur, mengapa harus ada ritual-ritual seperti itu?!

Lebih parah lagi ketika ritual tersebut diiringi zikir-zikir dan lantunan ayat suci, karena termasuk kebid’ahan.

ritual mungkar pada saat kelahiran, ritual mungkar setelah kelahiran, ritual mungkar pada saat kehamilan dan kelahiran, tradisi syirik pada saat kelahiran, tradisi syirik setelah kelahiran, budaya sesat pada saat kelahiran, budaya sesat setelah kelahiran
Syirik Dosa besar – ritual mungkar pada saat kelahiran dan setelah kelahiran – jasa layanan aqiqah semarang – aqiqah ‘amr semarang

Kaidah untuk Mengenal Bid’ah

1. Sesungguhnya, kebid’ahan yang telah ditegaskan oleh syariat tentang kesesatannya adalah:

Semua ucapan, perbuatan, atau keyakinan yang menyelisihi sunnah walaupun sumbernya adalah ijtihad.

Setiap perkara yang dijadikan bentuk pendekatan kepada Allah ‘Azza Wa Jalla padahal Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam telah melarangnya.

Semua perkara yang tidak mungkin disyariatkan kecuali dengan adanya nash atau penjelasan dari syariat, padahal tidak ada, maka itu adalah bid’ah.

Berbeda halnya jika sebuah amalan ada sumbernya dari sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan dilakukan oleh sahabat tersebut secara berulang-ulang tanpa ada pengingkaran.

2. Segala adat-istiadat orang kafir yang dimasukkan ke dalam ritual ibadah.
Penegasan sebagian ulama, lebih-lebih ulama belakangan, tentang sunnahnya (sesuatu) padahal tidak ada dalilnya.
Semua bentuk ibadah yang tidak disebutkan tata caranya kecuali oleh hadits dhaif (lemah) atau maudhu’ (palsu).

3. Berlebih-lebihan dalam ibadah.
Semua ibadah yang tidak diberi batasan oleh syariat lantas manusia memberikan batasan-batasan (persyaratan-persyaratan) seperti tempat, waktu, bentuk, dan jumlah tertentu. (Ahkamul Janaiz hlm. 306)

http://telegram.me/aqiqahamrsemarang

SUMBER :

Mei 13, 2015 | Asy syariah Edisi 096, Kajian Utama | http://asysyariah.com/ritual-munkar-seputar-kehamilan-dan-kelahiran/

Oleh : Al-Ustadz Abdul Mu’thi Sutarman, Lc.

ritual mungkar pada saat kelahiran, ritual mungkar setelah kelahiran, ritual mungkar pada saat kehamilan dan kelahiran, tradisi syirik pada saat kelahiran, tradisi syirik setelah kelahiran, budaya sesat pada saat kelahiran, budaya sesat setelah kelahiran
Indonesia Hebat tanpa Syirik – ritual mungkar pada saat kelahiran dan setelah kelahiran – jasa layanan aqiqah semarang – aqiqah ‘amr semarang

Jasa Layanan Aqiqah ‘Amr Semarang dan Jual Kambing Qurban alamat Kantor dan Kandang :

Jl.Bukit teratai Timur Rt 11/ 19
Sendangmulyo, Perumnas Sendang Mulyo, kec.tembalang Semarang, Jawa Tengah 50272
(Ancer-ancernya, ada 2 menara tower telkomsel, mentok belok kanan ke jalan Bukit teratai timur, mentok belok kiri, mentok sudah terlihat kandang Kambing ‘amr)

Contact person Aqiqah ‘Amr Semarang :

Abu ‘Amr Ahmad

Ikhwan / Pria :
Indosat : 0858-7555-6400 (Tlpn, sms, wa)
XL : 0877-0001-1413 (Tlpn, sms, wa)

Ukhtun / Wanita :
Telkomsel : 0813-9000-7197 (Tlpn, sms, wa)

Note : Untuk kenyamanan dalam Bertransaksi dan Komunikasi kami sarankan dapat menghubungi Contact Person Sesuai Gender

Jazaakumullahu khair wa Barakallahu Fiikum