Apa Hukum Aqiqah dan Kapan Waktu Aqiqah?

Bismillah, Apa hukum aqiqah dan kapan waktu aqiqah? Jika telah lewat waktunya, kapan mengaqiqahi anak? Jika anak tersebut telah besar dan dewasa, sementara dia belum diaqiqahi, apakah dia mengaqiqahi dirinya sendiri?

hukum aqiqah adalah, hukum aqiqah anak, hukum aqiqah anak laki2, hukum aqiqah anak lelaki, hukum aqiqah anak yang baru lahir, hukum aqiqah bagi anak yang sudah dewasa, hukum aqiqah bayi
apa Hukum dan waktu aqiqah ? – jasa layanan aqiqah ‘amr semarang dan jual kambing qurban – aqiqah ‘amr semarang

Dijawab oleh asy-Syaikh Bin Baz rahimahullah Ta’ala.

Beliau mengatakan,

Aqiqah adalah sunah muakkad. Dua ekor untuk anak laki-laki dan seekor kambing untuk anak perempuan, sebagaimana yang diperintahkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam untuk mengaqiqahi dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan seekor kambing untuk anak perempuan.

Waktu aqiqah pada hari ketujuh. Ini yang afdhal, hari ketujuh. Kalau dilakukan setelah itu, tidak apa-apa. Walaupun lebih dari setahun atau dua tahun.

Jika sang ayah tidak mengaqiqahinya dan dia (sang anak) ingin mengaqiqahi dirinya sendiri, ini adalah perkara yang bagus.

Sehingga yang disyariatkan, aqiqah dilakukan oleh sang ayah. Namun jika dia ingin mengaqiqahi dirinya sendiri, ibunya mengaqiqahinya, atau saudaranya mengaqiqahinya, ini tidak apa-apa. Semua ini bagus, insya Allah.

Tidak ada batasan waktu aqiqah, walaupun telah melewati setahun atau dua tahun. Walaupun anak tersebut telah menjadi dewasa. Namun yang disunahkan adalah aqiqah tersebut dilakukan oleh sang ayah untuk anaknya pada hari ketujuh. Inilah yang disunahkan.

Sumber: http://www.binbaz.org.sa/node/11680

*✏ Alih bahasa: Ustadz Abu Bakar Jombang hafizhahullah

——————-

ما حكم العقيقة، وما هو وقتها؟

موقع الشيخ عبدالعزيز بن باز

ما حكم العقيقة، وما هو وقتها، وإذا فات وقت العقيقة فمتى يعق عن المولود، وإذا كبر المولود وشب ولم يعق عنه، فهل يعق عنه وهو كبير؟

العقيقة سنة مؤكدة, وهي ذبيحتان عن الرجل وذبيحة واحدة عن الأنثى، كما أمر النبي -صلى الله عليه وسلم- أن يعق عن الغلام شاتان وعن الجارية شاة، ووقتها يوم السابع، هذا هو الأفضل اليوم السابع، وإن ذبحت بعد ذلك فلا حرج، ولو بعد سنة أو سنتين، وإذا لم يعق عنه أبوه وأحب أن يعق عن نفسه فهذا حسن فمشروع في حق الأب لكن لو عق عن نفسه أو عقت عن أمه أو أخوه فلا بأس، كله حسن -إن شاء الله- وليس له وقت محدود ولو بعد سنة أو سنتين, ولو كان كبيراً، لكن السنة أن يعق الأب عن ولده في يوم السابع، هذا هو السنة.

 

Ikuti Hukum dan dalil Aqiqah juga tanya jawab seputar perkara Aqiqah hanya di Link Aqiqah ‘Amr Semarang

Dan untuk Perkara-perkara mengenai Qurban Silahkan Kunjungi juga Web Kami di Link Kambing Qurban ‘Amr Semarang

Jasa Layanan Aqiqah ‘Amr Semarang dan Jual Kambing Qurban alamat Kantor dan Kandang :

Jl.Bukit teratai Timur Rt 11/ 19
Sendangmulyo, Perumnas Sendang Mulyo, kec.tembalang Semarang, Jawa Tengah 50272
(Ancer-ancernya, ada 2 menara tower telkomsel, mentok belok kanan ke jalan Bukit teratai timur, mentok belok kiri, mentok sudah terlihat kandang Kambing ‘amr)

Contact person Aqiqah ‘Amr Semarang :

Abu ‘Amr Ahmad

Ikhwan / Pria :
Indosat : 0858-7555-6400 (Tlpn, sms, wa)
XL : 0877-0001-1413 (Tlpn, sms, wa)

Ukhtun / Wanita :
Telkomsel : 0813-9000-7197 (Tlpn, sms, wa)

Note : Untuk kenyamanan dalam Bertransaksi dan Komunikasi kami sarankan dapat menghubungi Contact Person Sesuai Gender

Jazaakumullahu khair wa Barakallahu Fiikum

Tags:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,