Bagaimanakah Cara Memilih Kambing Siap Aqiqah dan Qurban secara syariat?

Bismillah, Kemampuan memilih kambing siap aqiqah dan qurban sangat diperlukan. Hal ini agar kita dapat memilih kambing yang sesuai syariat. yaitu sehat, tidak cacat dan terutama juga Cukup umur.  Mengingat ada nya kemungkinan pedagang yang tidak jujur dan amanah dalam menjual dagangannya, maka konsumen dituntut cerdas dalam membeli. Insya ALLOH dengan diberkali ilmu cara memilih kambing yang benar, maka Insya ALLOH kita dapat dijauhkan dari penipuan.

Beberapa cara memilih kambing siap aqiqah dan qurban secara syariat yaitu diantaranya adalah :

  1. Secara Fisik yang terlihat yaitu
    1. Kambing harus sehat.
    2. Kambing Tidak cacat, (tidak buta,pincang,sakit dll).
  2. Yang tidak terlihat Fisik yaitu Usia atau umur Kambing Siap Aqiqah dan Qurban

Berapa usia kambing siap Aqiqah dan Qurban secara syariat islam

  • Untuk Kambing Jawa atau Maiz( dalam bahasa arab) adalah genap1 tahun.
  • Untuk Kambing qibasy ( dalam bahasa arab) atau kambing gibas atau Kambing gembel ( istilah bagus jawa) atau biri- biri adalah genap 6 bulan.
  • Apabila genap 1 tahun maka itu lebih utama sebagaimana pendapat sebagian ulama.

Cara melihat usia kambing siap Aqiqah dan Qurban

Tentunya untuk mengetahui usia kambing siap aqiqah dan Qurban kita harus bertanya kepada sang pemiliknya atau sang peternaknya. Dan tentu pula dibutuhkan sang pemilik kambing adalah seorang yang jujur dan amanah dalam menjawab dan menentukan usia kambing. Permasalahannya dilapangan terkadang pemilik kambing tidak jujur dalam menjawab pertanyaan konsumen karena dengan tujuan agar kambingnya laku dijual. Dan pastinya jual beli yang dibangun atas ketidakjujutan akan menyebabkan tidak barokahnya jual beli tersebut.

Jadi selain kita harus memilih pemilik kambing yg jujur dan amanah, ada cara bagaimana mengetahui kambing ini telah masuk usia aqiqah atau qurban yaitu Dengan melihat gigi bawah kambing. Istilah orang jawa Kambing sudah POEL.

Apa Itu Poel?

Poel adalah masa bergantinya gigi bawah kambing yang biasanya mencapai usia antara 1,5 thn sampai dengan  2 tahun. yaitu gigi kambing telah berganti menjadi gigi yang besar. Mungkin kalau manusia dari gigi susu menjadi gigi orang dewasa. Dan Inilah dikatakan kambing Poel. Pecinta Kambing peol kebanyakkan dari masyarakat suku Jawa.

Boleh-boleh saja kita memilih mantapnya tetang usia kambing yang sudah Poel, akan tetapi apabila ditinjau dari sudut memasaknya, Kambing Poel biasa memiliki khas daging yg keras (baca: alot- istilah jawa). Sehingga harus direbus dalam waktu yang lama. Ya karena Kambing sudah tua sich. Poel identik -+2 tahun.

Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai bagaimana cara memilih kambing siap aqiqah dan qurban sesuai syari’at beserta dalil-dalilnya silahkan kunjungi Link berikut. Insya ALLOH banyak faedah yang bisa didapatkan :

Memilih Hewan Qurban

Tips memasak Agar daging kambing cepat empuk.

Caranya yaitu rebus air sampai mendidih,masukkan garam 1 gelondong kemudian masukkan tulang-tulang yg sudah dicuci dan daging yang akan diolah

Alhamdulillah dengan informasi dan penjelasan diatas semoga kita bisa mengambil manfaatnya ya dan bisa memilki ilmu sebelum membeli kambing, Insya ALLOH bisa membuat kita mantap dalam memilih hewan aqiqah ataupun qurban. Dan bisa menambah ilmu dalam mengolah daging kambing. Semoga bermanfaat ya. #senyum#

Barakallahu fiikum

Nah bagi saudara-saudara yang ingin membeli kambing di tempat kami Aqiqah dan Qurban ‘Amr. Atau ingin membeli paket-paket Aqiqah ditempat kami bisa menghubungi no telepon dibawah ini. dan bagi saudara yang ingin bekunjung dan silahturahim ke lokasi kandang kami, berikut alamatnya :

Kambing Aqiqah dan Qurban ‘Amr Semarang alamat Kantor dan Kandang :

Jl.bukit teratai Timur Rt 11/ 19
Sendangmulyo kec.tembalang Semarang 50272 Perumnas Sendangmulyo
(Ancer-ancer 2 menara tower telkomsel mentok belok kanan Jalan Bukit teratai timur. kemudian mentok belok kiri, dan mentok sudah terlihat kandang kami Aqiqah ‘Amr)

Contact person Kambing Aqiqah dan Qurban ‘Amr Semarang :

Abu ‘Amr Ahmad

Ikhwan / Pria :
Indosat : 0858-7555-6400 (Tlpn, sms, wa)
XL : 0877-0001-1413 (Tlpn, sms, wa)
Ukhtun / Wanita :
Telkomsel : 0813-9000-7197 (Tlpn, sms, wa)

Jazaakumullohu khoir wa Barokallohu fiikum

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *